Senin, 06 Agustus 2018

“Naik Bus Ongkosnya Baca” Antar SMK Baitul Makmur Juara II Festival Literasi Se-Jatim

MALANG_BM-Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Baitul Makmur sukses meraih Juara II Festival Literasi SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 dalam bidang Lomba Karya Vokasi Moda Literasi Bergerak.  Mengusung “Naik Bus Ongkosnya Baca”, Fina Sahro, siswi Kelas XI Jurusan Keperawatan SMK Baitul Makmur berhasil menjadi terbaik kedua lomba yang digelar oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di  Arca Resort, Trawas, Mojokerto, pada 30 Juli-1 Agustus 2018.


      Kepala SMK Baitul Makmur Dra. Hj. Fatimah, M.M, mengatakan, prestasi yang diraih Fina Sahro merupakan prestasi yang luar biasa bagi SMK Baitul Makmur yang beralamat Jalan Sawojajar 17B No.58 ini. Pasalnya, persiapan yang dilakukan sangat mepet mendekati batas akhir pendaftaran
      “Persiapan yang dilakukan hanya empat hari sebelum penutupan, anak-anak alhamdulillah mendapatkan hasil juara kedua. Kami bersyukur sekali, karena yang masuk nominasi seleksi se-Jawa Timur sebanyak 75 peserta dari sekitar 600 peserta yang mengusulkan karyanya, dan dari jumlah ini kami berhasil meraih juara atas nama Fina Sahro,” papar kepala sekolah yang akrab disapa Bu Fat ini, di SMK Baitul Makmur, Rabu (1/8/2018).


      Bu Fat berharap prestasi yang dicapai SMK Baitul Makmur ini merupakan awal untuk meraih keberhasilan di tahun-tahun mendatang. Apalagi, lomba literasi ini merupakan sesuatu yang baru diperlombakan. “Jadi, prestasi ini sangat membanggakan kami karena ini pengalaman pertama bagi SMK Baitul Makmur,” papar dia.
       Guru Pembimbing Lomba Karya Vokasi Moda Literasi Bergerak, Febby Cahya Triandra, S.Pd, M.Pd mengungkapkan, pihaknya sempat pesimistis karena waktu persiapan lomba yang terbatas. “Hampir saja karya anak-anak ini tidak bisa diikutkan lomba karena batas akhir penutupan lomba dibatasi sampai pukul 24.00 pada hari Kamis (26/1/2018). Namun, dengan sedikit ngeyel, akhirnya karya anak-anak bisa masuk juga. Alhamdulillah, ini hadiah besar dari Allah buat SMK Baitul Makmur,” kata Febby.

       Dia menjelaskan, SMK Baitul Makmur mengirimkan tiga dari empat kriteria yang  dilombakan. Selain Vokasi Moda Literasi Bergerak, lomba karya yang diikuti adalah Kearifan Vokasi Nusantara Dulu dan Sekarang, dan Sudut Baca Vokasi.
      “Kunci kesuksesan SMK Baitul Makmur  menjuarai lomba literasi Tingkat Provinsi Jawa Timur ini adalah kekompakan para tenaga pengajar di SMK Baitul Makmur, semangat dari anaknya juga, dan Allah mempermudah jalannya maka jadilah seperti ini,” kata Febby.


      Sementara itu, Fina Sahro mengatakan tidak menyangka meraih juara II dalam lomba literasi yang baru kali pertama diikutinya. “Saya sempat pesimistis karena pesertanya bagus-bagus. Apalagi, saya satu-satunya peserta perempuan dalam kategori lomba Vokasi Moda Literasi Bergerak ini,” kata Fina bangga. (hen)


Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto

The Author

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi eu sem ultrices, porttitor mi eu, euismod ante. Maecenas vitae velit dignissim velit rutrum gravida sit amet eget risus. Donec sit amet mollis nisi, nec commodo est.

4 komentar:

  1. L.U.A.R....B.I.A.S.A ! BAITUL MAKMUR MALANG SEMAKIN DIDEPAN

    BalasHapus
  2. Saya turut bangga dengan prestasi yg diraih oleh siswi SMK Baitul Makmur. Terus tingkatkan prestasi di semua bidang dan jadilah yang terbaik.

    BalasHapus
  3. Saya bangga akan anak2 kami yg super prestasi ini.. We love you anak2 ku smk Baitul makmur malang

    BalasHapus